Selasa, 02 Juli 2019

Apa Penyebab Turun Rahim?


Apa Penyebab Turun Rahim?


Apa Penyebab Turun Rahim? Hal yang penting mengetahui penyebab terjadinya turun rahim pada wanita. Sebab dengan begitu, kita bisa mengantisipasi terjadinya turun rahim dengan menghindari faktor-faktor penyebabnya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab terjadinya turun rahim. Mari simak pembahasannya berikut ini!

Apa Penyebab Turun Rahim?

Istilah turun rahim pasti sudah sering kita dengar di tengah-tengah masyarakat, terutama kaum wanita. Pasalnya, beberapa wanita yang sudah pernah melahirkan maupun yang belum, pernah mengalami kondisi ini. Dalam dunia medis sendiri turun rahim dikenal dengan istilah prolaps uteri, yaitu suatu keadaan di mana posisi rahim turun mendekati vagina.

Kondisi turun rahim disebabkan oleh adanya kelemahan jaringan pada otot dasar panggul yang berfungsi dalam menyokong rahim. Dan kondisi turun rahim ini tentu tidak terjadi dalam waktu yang singkat, melainkan terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Umumnya, kelemahan jaringan pada otot dasar panggul dipengaruhi oleh faktor usia. Namun, tidak selamanya faktor usia menjadi satu-satunya penentu turun rahim. Seiring bertambahnya usia seseorang, tentunya semakin besar pula risiko kesehatan yang dialami oleh wanita tersebut. Terlebih kondisi ini terjadi pada wanita yang akan ataupun sudah memasuki fase menopause. Dalam hal ini, proses penuaan alami juga dapat menyebabkan produksi hormon estrogen menjadi turun. Hormon inilah yang memang berperan aktif dalam menjaga otot panggul tetap rileks dan juga kuat.

Selain faktor usia, turun rahim juga disebabkan oleh fase kehamilan dan juga melahirkan. Dapat diindikasikan bahwa semakin hamil, semakin besar pula risiko mengalami turun rahim. Hal ini karena adanya kerusakan otot dan juga jaringan panggul dari masa kehamilan hingga masa persalinan. Melahirkan bayi dengan berat badan yang besar, proses persalinan yang lama serta mengejan yang berlebihan juga meningkatkan risiko turun rahim.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab turun rahim pada wanita, di antaranya :

  • Batuk yang kronis.
  • Adanya tumor di bagian perut yang kemudian menekan rahim hingga turun mendekati vagina.
  • Sembelit kronis.
  • Pernah mengalami riwayat operasi panggul sebelumnya.
  • Mengalami berat badan berlebih atau obesitas.
  • Sering melakukan aktivitas yang cukup berat sehingga memberikan tekanan pada otot panggul yang dapat meningkatkan risiko turunnya rahim.
  • Adanya berbagai kondisi yang dapat meningkatkan tekanan di area perut seperti penumpukan cairan di perut dan juga tumor pada area panggul.
  • Wanita yang telah melahirkan banyak anak dalam beberapa kali persalinan.
  • Faktor genetik.
  • Wanita yang mengalami menopause.
  • Kebiasaan merokok.
  • Adanya tumor yang terjadi pada kandungan.
  • Adanya beban terus menerus atau sering mengejan.
  • Pernah melahirkan menggunakan vakum, sehingga ada kerusakan pada jalan lahir.
  • Wanita usia lanjut.

Turun rahim tentu bukan tanpa sebab, ada faktor-faktor tertentu yang memungkinkan hal tersebut dapat terjadi dengan sendirinya. Faktor utama yang menjadi penyebab turun rahim adalah melemahnya otot-otot panggul. Dan hal ini disebabkan oleh :

  • Enterokel

Kondisi melemahnya otot panggul disebabkan oleh terjadinya enterokel dimana turunnya sebagian besar area pada usus halus. Hal ini tentunya menyebabkan adanya penekanan ke arah vagina dan membentuk suatu benjolan yang mengarah ke arah luar vagina. Pada kasus ini tentunya anda dapat mengalami rasa sakit punggung ketika berdiri akan mengalami enterokel. Akan tetapi, ada beberapa rasa sakit yang akan hilang ketika berada dalam posisi berbaring.

  • Sistokel

Penyebab kedua yang dapat menyebabkan melemahnya otot panggul ialah turunnya kandung kemih yang mengarah ke vagina sehingga dapat menyebabkan adanya lubang vagina yang tampak lebih menonjol. Pada kondisi ini tentunya dapat membuat wanita merasa kesulitan dalam menahan buang air kecil, bahkan sering buang air kecil dan juga tidak dapat menahan kencing yang tertahan di dalam kandung kemih.

  • Rektokel

Pada kasus ini dapat disebabkan adanya benjolan ke dalam lubang vagina di bagian belakang bawah. Hal ini dikarenakan adanya herniasi rektum pada area tersebut. Dalam kasus ini dapat menyebabkan seorang wanita mengalami kesulitan buang air besar.

Jadi, Apa Penyebab Turun Rahim? Semuanya sudah dijelaskan dalam pembahasan di atas. Faktor-faktor tersebut sudah semestinya diwaspadai, karena turun rahim merupakan masalah yang cukup serius bagi wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar